Pentingnya Melaporkan Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja merupakan peristiwa yang tidak diinginkan namun tetap dapat terjadi di berbagai tempat kerja. Untuk meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan kerja, pelaporan kecelakaan secara tepat dan akurat menjadi hal yang sangat penting.

Pelaporan yang benar tidak hanya membantu mencegah kecelakaan serupa di masa depan, tetapi juga merupakan kewajiban bagi setiap pekerja untuk memahami dan mengikuti prosedur pelaporan yang ada. Dengan demikian, laporan tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk mencegah terulangnya kecelakaan yang sama.

Waktu yang Tepat untuk Melaporkan Kecelakaan

Kecelakaan kerja harus dilaporkan secepat mungkin setelah kejadian.

Langkah yang Harus Diambil Saat Terjadi Kecelakaan Kerja

  • Pekerja harus segera melapor kepada atasannya (pengawas) atau melalui panggilan darurat.
  • Jika terjadi cedera, pengawas harus memastikan pekerja mendapatkan perawatan medis.
  • Jika berkaitan dengan kerusakan properti, pekerja tidak boleh memindahkan alat dari lokasi kejadian demi kepentingan investigasi.
  • Keadaan tempat atau kondisi akibat kecelakaan tidak boleh diubah kecuali untuk memberikan pertolongan pertama.
  • Pengawas atau departemen terkait harus memastikan area kejadian diisolasi dan melarang yang tidak berkepentingan memasuki area tersebut.
  • Dilarang mengambil foto atau video terkait kecelakaan dan menyebarkannya di media sosial.
  • Proses investigasi kecelakaan harus segera dilakukan.

Manfaat Pelaporan Kecelakaan Kerja

  1. Mencegah Terulangnya Kecelakaan Kerja Pelaporan yang tepat memungkinkan perusahaan mengevaluasi penyebab kecelakaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan. Dengan demikian, keselamatan dan kesehatan kerja bisa lebih terjaga.
  2. Memperbaiki Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja Melalui pelaporan kecelakaan, perusahaan dapat mengevaluasi dan memperbaiki sistem keselamatan dan kesehatan kerja yang ada. Jika ditemukan kekurangan, perbaikan dapat dilakukan untuk mencegah kecelakaan di masa depan.
  3. Memperbaiki Kondisi Kerja Pelaporan juga membantu perusahaan memperbaiki kondisi kerja yang kurang aman, seperti mengatur tata letak mesin-mesin berbahaya, meningkatkan penggunaan alat pelindung diri, dan mengurangi risiko kecelakaan lainnya.
  4. Meningkatkan Kesadaran akan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pelaporan kecelakaan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja. Ini mendorong karyawan untuk lebih memperhatikan keselamatan kerja dan mengurangi risiko kecelakaan di masa depan.

Tidak ada yang menginginkan terjadinya kecelakaan kerja. Namun, jika kecelakaan terjadi, kita harus belajar dari kejadian tersebut agar tidak terulang kembali. Mari kita bersama-sama menjaga agar kecelakaan kerja tidak terjadi di area kerja kita, khususnya di PT. WBK.

Share your love
Adros Restu Kristanto
Adros Restu Kristanto

Constantly challenge yourself

Articles: 38