Kenali Resiko Pekerjaan Maintenance Rim & Tyre

Kegiatan maintenance Rim dan Tire pada kendaraan alat berat yang dipakai di bidang pertambangan bisa berpeluang menyebabkan kecelakaan yang apa bila tidak berhati-hati dapat berdampak cidera ringan bahkan bisa sampai kematian. Untuk meminimalisir adanya potensi bahaya tersebut ketahuilah risikonya terlebih dahulu. Sebagian besar kecelakaan saat maintenance disebabkan oleh kesalahan manusia atau human error. Meski begitu, banyak juga kecelakaan yang disebabkan oleh kerusakan pada alat itu sendiri yang tidak berfungsi dengan benar atau karena faktor lingkungan atau medan tempat alat berat bekerja. Berikut merupakan resiko serta pencegahan untuk meminimalisir resiko kecelakaan saat kegiatan maintenance rim dan tire :

1. Compressed air

Bagian yang sangat berisiko terhadap bahaya penggunaan udara bertekanan ialah bagian mata, sebab mata sangat rentan terhadap kecepatan angin yang bertekanan ataupun rentan terhadap material yang terlembar karena tekanan udara tersebut semisal debu, serpihan besi kecil, oli, dan yang lainnya. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan pengecekan pada alat compressed air tersebut sebelum digunakan. Pemeriksaan lebih baik dikerjakan oleh seseorang yang benar-benar kompeten di dalam pemeriksaan tekanan ban serta menggunakan safety APD.

2. Manual handling

Ban yang digunakan oleh truk besar yang berkapasitas lebih dari 100 ton, oleh karena itu pada saat kegiatan manual handling pastikan jangan melakukan pengerjaan bongkar pasang ban seorang diri karena akan sulit dan berbahaya. Gunakan alat mekanis khusus guna melakukan serta memudahkan pengangkatan serta pemindahan ban.

3. Exploding tire

Ledakan ban terhadap unit besar ini menjadi suatu kondisi yang amat menakutkan, sejumlah kasus ledakan dibarengi dengan lengingan velg ban. Salah satu penyebab ledakan adalah suhu didalam ban yang panas serta pemasangan baut dan ring yang tidak sesuai standar. Usahakan gunakan baut serta ring yang asli (original). Karena jika menggunakan baut serta ring yang tidak original dapat meningkatkan resiko ledakan. Serta gunakan Rim & Tire Conditioner untuk meminimalisir kenaikan suhu dan memberikan perlindungan anti karat.

4. Noise

Para pekerja bisa terpapar kebisingan ketika melakukan perbaikan pada ban, kebisingan kerap diakibatkan karena pemakaian impact ataupun wrenches yang dipakai guna membuka serta mengencangkan baut. Gunakanlah alat pelindung untuk telinga (Ear protection) yang bertujuan untuk mengurangi kebisingan yang masuk ke dalam sistem pendengaran. Bahaya–bahaya tersebut tentunya sangat mengancam keselamatan setiap pekerja, akan tetapi bahaya di dalam pekerjaan perbaikan ban dan perbaikan yang lain tentunya bisa diminimalisir dengan mengikuti prosedur penggantian ban yang benar, serta melakukan pengecekan kelayakan peralatan dan perlengkapan yang dipakai.

Rim & Tire merupakan salah satu komponen kendaraan atau alat berat yang sangat penting karena berfungsi sebagai penopang beban dan membuat kendaraan dapat berjalan dengan lancar. Rim dan Tire harus selalu dilakukan maintenance secara berkala agar dapat terus bekerja secara optimal dan tidak menimbulkan kerusakan seperti friksi hingga adanya karat pada rim kendaraan dan menghindari Tire pecah karena suhu di dalam ban yang terlalu panas.

Share your love
Novi Sri Rahma
Novi Sri Rahma
Articles: 3